Kendari (Antaranews Sultra) - GM Manager PT Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju, mengatakan seluruh fasilitas di Pelabuhan Kendari NewPort yang ada di Pulau Bungkutok0o Kendari sudah rampung dan rencananya akan dilakukan soft launcing oleh Gubernur Sultra.
     
"Kami tinggal tunggu waktunya Pak Gub, awalnya mau disoft launching oleh menteri BUMN, tapi waktunya mepet. Untuk grand launcing rencananya dilakukan pak presiden bulan Maret," kata Debby, saat pertemuan dengan Pemerintah Kota Kendari untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi setelah beroperasinya Kendari New Port, di Kantor Wali Kota kendari, Selasa.
     
Pelabuhan Kendari NewPort katanya, memiliki luas lahan sebesar 8,7 Ha terdiri dari 5.1 Ha lapangan penumpukan kontainer dan 3,6 Ha merupakan fasilitas penunjang.
     
"Fasilitas penunjang itu meliputi dermaga sepanjang 300 x 35 meter, kantor, workshop dan bangunan lainnya," katanya.
     
Pelabuhan itu kaya Debby, juga ditunjang dengan kontainer crane (CC) sebanyak 2 unit dengan kapasitas masing-masing CC sebanyak 24 kontainer perjam.
   
 "Hingga tahun 2020 mendatang, PT Pelindo juga akan melakukan penambahan fasilitas diantaranya penambahan panjang dermaga," katanya.
     
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dalam kesempatan itu mengatakan, pertemuan yang mereka lakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi setelah beroperasinya Kendari NewPort.
     
"Kita kumpul ini untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, bagaimana jika terjadi penumpukan kendaraan, ada dinas perhubungan, untuk parkiran, ada dinas Pendapatan dan kebersihan pelabuhan, ada dinas lingkungan hidup, dimana peran pemerintah kota nanti," katanya. 
   
Rapat yang digelar di ruang rapat Wali kota ini dihadiri Plt Sekda Kendari, perwakilan KSOP, GM PT Pelindo, Kepala Dinas Perhubungan, Kadis PUPR, Kepala BPPRD, Kadis DLHK, Kepala DMPTSP dan Kabag Hukum Pemkot Kendari.
 
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024