Kendari (Antaranews Sultra) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas, meresmikan penggunaan penggunaan pusat layanan Ambulance Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sultra, di Kompleks RSUD Sultra, Senin.
     
Lukman mengapresiasi upaya RSUD Sultra yang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara menyiapkan pusat layanan khusus ambulance yang didukung dengan armada yang representatif dan siap diakses setiap saat oleh masyarakat.
       
"Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat dengan cara memberikan kemudahan dalam pelayanan antar jemput pasien dari rumah ke RSUD," katanya.
       
Direktur RSUD Sultra, Yusuf Hamra, mengatakan, ambulance yang tersedia di pusat layanan tersebut terdiri dari ambulance biasa dan ambulance yang bisa langsung transfusi darah, kendaraan jenazah, ada ambulanvr VVIP.
     
"Layanan ambulance ini bisa menjemput pasien di rumahnya atau sebaliknya, tidak hanya di Kota Kendari, tetapi bisa di daerah lain, seperti Kabupaten Konawe dan di Konawe Utara yang masih bisa terjangkau," katanya.
     
Menurut dia, untuk mengangkut pasien ke rumah sakit jauh lebih baik ketimbang mobil biasa, sehingga banyak masyarakat yang akan menghuhungi untuk dijemput.
       
Yusuf Hamra juga memperkenalkan hotline pusat layanan ambulance RSUD Bahteranas terhubung saat itu untuk mengisi kekosongan. Sebab, saat ini Dinas Kesehatan Sultra, sedang berupaya membangun sistem Layanan kegawatdaruratan medis melalui nomor 119.
       
"Jadi kalau ada nomor penting di Sultra, mungkin bisa ditulis ini adalah nomor hot line layanan ambulance kami. Jadi misalnya ada orang yang sakit dirumah membutuhkan layanan ambulance bisa menghubungi nomor 082264029585. Ambulance yang kami siapkan ini nanti bisa menjemput dan mengantar pasien sampai manapun di wilayah Sultra," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024