Kendarii (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memyatakan telah terjadi Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Konawe atau Barat Laut Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa.
   
  Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan Magnetudo 2.9 terjadi pada pukul 22:12:15 wita.
     
 "Titik koordinat pada episenter 3.84 LS – 122.61 BT sekitar 13.5 Km Barat Laut Kendari – Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 9 KM," katanya.
   
  Berdasarkan laporan masyarakat katanya, menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Toronipa, Kabupaten Konawe dalam skala intensitas II MMI.
 
   "Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang. Hasil koordinasi hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.
   
  Terkait dengan peristiwa gempabumi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 23:25 wita, belum terjadi aktivitas gempabumi susulan, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.
   
  "Ditinjau dari kedalamannya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di wilayah Kendari-Sulawesi Tenggara," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024