Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan acara penjaminan kualitas penyusunan kajian lingkungan hidup strategi (KLHS) rencana pembangunan jangka menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023  dan penjaminan kualitas rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) 2018 di Kendari, Selasa.
     
Gubernur Sultra, Ali Mazi, dalam kesempatan itu menyampaikam bahwa kajian lingkungan hidup strategi ini menjadi tantangan sekaigus peluang bagi Pemerintah Prov Sultra.
   
  "Karena secara geografi Sultra terdiri 78 persen wilayah pesisir pantai dan laut, 21 persen wilayah daratan dengan kontur bergunung-gunung," katanya.
     
Selain itu katanya, Sultra juga berada di wilayah Daerah aliran sungai (DAS), Sultra juga terdapat 651 pulau.
   
   Kemudian lanjut Ali Mazi, di Sultra terdapat 71 teluk serta sebagian besar pusat-pusat pertumbuhan dan pusat perkotaan berada di wilayah pesisir dan kepulauan.
     
 "Secara konkrit KLHS RPJMD dan RZWP3K merupakan kebijakan rencana pembangunan yang penjabarannya yang ditujukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (sdgs)," katanya.
 
   Kebijakan Pembangunan berkelanjutan ini kata Ali Mazi, telah sejalan dengan visi Pemerintah Daerah yaitu, terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024