Laworo (Antaranews Sultra) - Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) bekerja sama dengan Badan Kontak Majelia Taklim (BKMT) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar lomba seleksi bintang vokalis dan Hafiz atau Hafizah yang merupakan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad 1440 hijriyah 2018, bertempat di Pelataran Rujab Bupati Muna Barat, Kamis.

Kegiatan itu dihadiri ketua Lasqi Sultra, Tina Nur Alam, Bupati Muna Barat, LM Rajiun, Wabub Muna Barat, Achmar Lamani, Sekda Muna Barat, dan unsur Forkopimda.

Ketua Lasqi Muna Barat, Herlina Rajiun, mengatakan kegiatan itu menjadi motovasi bagi anak di Muna Barat agar mendalami lagi pengetahuan dan pemahaman tentang Alquran, terutana hapalan surah pendek.
     
"Selain itu kita juga mencari bibit vokalis melalui penggalian minat dan bakat seni terhadap anak-anak di Muna Barat," katanya.
       
Tina Nur Alam sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Lasqi Muna Barat yang konsisten untuk terus menggali potensi bakat seni anak-anak di Muna Barat yang bernuansa Islami.
       
"Melalui kegiatan ini, tentunya kita harapkan adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan anak-anak terhadap lagu-lagu Islami dan pemahaman terhadap Alquran," katanya.
     
Melalui momentum yang dirangkaikann Maulid Nabi Muhammad tersebut, Tina juga berpesan agar senantiasa mengidolakan sifat kesabaran dan kepribadian Nabi Muhammad yang benjadi rahmat bagi alam.
       
Bupati Muna, LM Rajiun, sangat mengapresiasi kolaborasi antara Lasqi dan BKMT yang selalu bersama membantu pemerintah dalam membangun masyarakat pada bidang peningkatan SDM.
     
Saya apresiasi karena lomba ini melibatkan semua sekolah mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP yang merupakan upaya pembentukan karakter usia dini, dan pencarian bibit seni," katanya.
       
Menurut Rajiun, kegiatan itu sejalan dengan visi misi yakni mewujudkan masyarakat Muna Barat yang religius.
       
"Kegiatan ini tidak terlepas dari RPJMD Muna Barat dan janji politik saya saat kampanye," katanya.
     
Rajiun juga mengucapkan apresiasinya atas kehadiran ketua Lasqi Sultra, Tina Nur Alam, karena selama ini telah banyak membantu pengembangan Lasqi di daerah itu.

"Bahkan Tina Nur Alam ini banyak membantu Muna Barat saat masih menjadi anggota DPR RI yang menjembatani saya bertemu beberapa pejabat di Kementerian untuk mendapatkan bantuan program untuk kemajuan pembangunan Muna Barat," katanya.

Kegiatan itu diwarnai pula dengan lomba "Male" yang merupakan budaya turun temurun di daerah itu ketika ada perayaan maulid nabi. Adapun pemenang lomba Male, juara 3 Desa Tanjung Pinang, juara 2 Kel Laumera, juara 1 Desa Suka Damai.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024