Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara melalui dinas kesehatan setempat bertekad memberantas dan memerangi segala jenis penyakit menular di daerah itu.

Plt. Kadis Kesehatan Koltim Hj.Surya Adelina Hutapea melalui pesan WhatsApp yang diterima, Senin mengungkapkan, setiap orang diwajibkan untuk ikut mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, termasuk dalam kewajiban untuk berperilaku hidup sehat, menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan dirinya dan orang lain.

? ?"Pertemuan ini sangat penting untuk menanggulangi penyakit TBC, HIV/AIDS dan Hepatitis di Kolaka Timur serta kesempatan untuk saling memberikan informasi dan masukan terhadap berbagai permasalahan dan keberhasilan di masing-masing fasilitas layanann kesehatan serta lingkup masyarakat dan pemerintah juga mengupayakan untuk menangani kasus klinis TBC dan HIV/AIDS di setiap rumah sakit di Kolaka Timur ini," ujar Surya Adelina Hutapea, dalam rangkaina sosialisasi penyakit TBC,HIV/AIDS dan Hepatitis di kantor camat Mowewe.

? ?Menurut Surya Adelina Hutapea mengungkapkan pemberantasan penyakit menular ini secara khusus dimulai di lingkungan sendiri dengan meningkatkan peran dan fungsi saudara dalam melaksanakan upaya preventif dengan mengidentifikasi permasalahan kasus TBC,HIV/AIDS dan Hepatitis serta meningkatkan kerjasama seluruh elemen masyarakat.

? ?Dari ketiga penyakit ini, lanjut Surya, masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia saat ini dan diperkirakan penderita penyakit TBC yang meninggal sebanyak 1,3 juta jiwa dan 320.000 di antaranya mengidap positif HIV sedangkan di Indonesia Kasus TBC dan HIV/AIDS cukup tinggi dengan perkembangan epidemic tercepat di Asia.

? ?Jumlah kasus TBC di Indonesia diperkirakan mencapai 1,6 juta kasus dan penderita HIV/AIDS sebanyak 28 juta pada tahun 2017 dan terkhusus di Kabupaten Kolaka Timur kasus TBC dan HIV/AIDS 2017 di temukan 149 kasus dan HIV/AIDS satu dan hal ini menandakan masih banyaknya kasus TBC dan HIV/AIDS yang berlum ditemukan.

? ?"Kalau dukungan pemerintah untuk mencegah dan memberantas berbagai penyakit tersebut sangat maksimal salah satunya dengan pembangunan sarana dan prasarana penunjang kesehatan lainnya," ungkapnya.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024