Baubau (Antaranews Sultra) - Ruko berstruktur tiga lantai yang terletak di jalan Pahlawan Kelurahan Kadolo Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, terbakar, sekitar pukul 17.50 Wita, Selasa.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Baubau, Tamsir Tamim mengatakan, api yang diduga bersumber dari lantai dasar ruko tersebut hanya menghanguskan perabot dan dus yang ada di lantai satu.

"Tidak sampai membesar ke lantai atas, hanya asap yang terus naik. Dan saat ini kita belum pastikan penyebab kebakaran ini," ujarnya, seraya menambahkan, pihak berwajib yang nantinya akan melakukan penyelidikan.

Dikatakannya, pihaknya kesulitan memadamkan api karena ruko yang terletak di Kecamatan Kokalukuna itu dalam keadaan terkunci. Petugas pemadam kebakaran terpaksa keliling mencari jalan masuk agar dapat memadamkan si jago merah yang semakin membesar.

"Menurut informasi ruko ini belum ditempati meskipun sudah hampir rampung dikerjakan," ujar Tamsir dilokasi kejadian.

Ia mengatakan, personel yang diterjunkan memadamkan si jago merah itu sebanyak satu pleton dengan empat unit mobil pemadam kebakaran. Sedangkan taksiran kerugian atas musibah itu belum dihitung.

Informasi yang dihimpun di TKP menyebutkan, kebakaran itu diduga dari arus pendek (korsleting listrik) yang terjadi di lantai dasar ruko tersebut.

Warga  setempat yang seketika melihat asap semakin melambung dari dalam rumah itu sempat dibuat panik, sehingga warga langsung menghubungi pemilik pu rumah yang saat itu tidak berada di tempat. 

Akibat insiden itu, jalur jalan di wilayah tersebut sempat macet. Warga setempat maupun pengendara yang melintas tak ingin ketinggalan menyaksikan  insiden kebakaran yang berada di pemukiman padat penduduk itu.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024