Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kembali mengirim bantuan logistik untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pemberangkatan logistik kali ini, menggunakan Kapal Pelni KM Tilongkabila yang disaksikan Kepala BPBD Kendari, Suhardin, di Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Rabu.

"Hari ini ada satu kontainer logistik yang kami kirim melalui Tilongkabila. Logistik ini terdiri dari pakaian, bahan bakanan, mie instan, air mineral, pakaian bayi dan lain-lain," katanya.

Menurut Suhardin, pengiriman hari ini merupakan tahapan dari pengiriman-pengiriman sebelumnya, baik yang melalui kapal laut, pesawat udara (Hercules) maupun yang melalui darat (armada truk).

"Sebelumnya, kita sudah mengirim logistik sekitar 40 ton menggunakan kapal kenavigasian yang start dari Pelabuhan Bungkutoko Kendari menuju Palu, kemudian kami telah mengirim logistik melalui pesawat hercules dua kali," katanya.

Selain itu kata Suhardin, pihaknya juga sudah mengirim logistik melalui darat yakni lima truk dengan rute Kendari-Kolaka-Bajoe-Makassar-Palu.?

Sejauh ini kata Suhardin, masih banyak masyarakat yang menggalang donasi untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala.

"Kita sangat mengapresiasi kepedulian warga untuk berbagi dan berdonasi terhadap korban gempa Palu dan sekitarnya. Sampai saat ini tidak ada kendala dalam mengalokasikan atau mengirim sejumlah bantuan dari seluruh elemen masyarakat Kendari menuju Palu," katanya.

Pewarta : Anggun Karsila dan Muh. Irfan
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024