Baubau (Antaranews Sultra) - Kota Baubau, Sulawesi Tenggara akan menyiapkan sebanyak 150 talang berisi makanan untuk berpartisipasi pada acara syukuran atau pesta rakyat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Asisten I Setda Pemkot Baubau, La Ode Aswad, di Baubau, Rabu, mengatakan, keikutsertaan Baubau dalam acara syukuran yang rencananya akan digelar pada 22 September 2018 di alun-alun tugu MTQ Kendari itu karena ingin menyukseskan kegiatan yang akan diikuti 17 kabupaten dan kota se-Sultra tersebut.

"Masing-masing daerah akan hadir dengan tradisi adatnya. Nah Kota Baubau yang merupakan eks kesultanan Buton akan hadir dengan adat budaya pekande-kandea (makan bersama)," ujarnya.

Kata dia, tradisi "pekande-kandea" yang merupakan adat budaya masyarakat Buton bukan hanya Baubau, tetapi daerah di eks kesultanan Buton seperti Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi dan Buton Utara.

"Jadi Baubau dengan SKPD akan hadir dan berkontribusi membawa 150 talang serta penjaganya menggunakan pakaian adat utamanya gadis-gadis," katanya.

Dalam acara pekande-kandea itu, kata Aswad, pihaknya juga akan mengundang masyarakat Buton yang tinggal di Kendari untuk hadir.

"Mungkin mulai tanggal 20 atau 21 September 2018 masing-masing sudah menuju Kota Kendari untuk menyukseskan kegiatan itu, karena kegiatannya pada 22 September 2018," ujarnya.

Sedangkan anggaran yang akan digunakan, kata dia, merupakan kontribusi masing-masing karena tidak ada dalam APBD.

(T.A056/B/I006/C/I006) 19-09-2018 09:42:34

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024