Kendari (Antaranews Sultra) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII yang akan digelar di Kabupaten Kolaka Desember 2018 menyiapkan 2.234 medali pada 32 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Tim verifikasi cabang olahraga Porprov XIII, Ashar di Kendari, Sabtu, mengatakan dari 2.234 medali terdiri dari 674 medali emas dan medali perak serta 886 perunggu.

Medali emas, perak dan perunggu yang akan diperebutkan berdasarkan nomor pertandingan yang diusulkan 32 pengurus cabang olahraga. Usulan nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga diverifikasi tim KONI Sultra kemudian ditetapkan melalui rapat pleno pengurus KONI Sultra," kata Ashar.

Data KONI Sultra menyebutkan medali terbanyak adalah angkat berat/besi sebanyak 324 medali, selam dengan total 156 medali, dayung 147 medali, renang 126 medali, disusul wushu total 124 medali.

Cabang olahraga menembak 120 medali, gulat 104 dan Muaythai total 100 medali, serta beberapa cabor lainnya dengan total medali dibawah 100.

Cabang olahraga sepak bola dan futsal paling sedikit menyiapkan medali, yakni masing-masing tiga medali. Sedangkan Bola voli indoor dan voli pantai serta Bola basket masing-masing enam medali.

Ketua Pengprov Gulat Sultra Muh Amir mengatakan atlet yang berkompetisi memperebutkan medali emas, perak dan perunggu cabang gulat sekitar 200 atlet dari 17 kabupaten/kota.

"Potensi atlet gulat daerah ini menjanjikan namun pembinaan dan kompetisi yang harus tingkatkan sehingga mendorong motivasi atlet untuk berlatih," kata Amir.

Ironis, kata dia, para atlet terus berlatih tetapi "paceklik"? kejuaraan sehingga pelatih dan atlet tidak dapat mengukur sejauh mana perkembangan hasil latihan.


 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024