Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra bakal memberikan penghargaan kepada seluruh atlet Sultra yang telah memperkuat Indonesia di ajang Asian Games di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

"Insya Allah Pemprov melalui KONI bakal memberikan Reward terhadap pejuang-pejuang atlet olahraga Sultra yang mewakili negara kita di ajang Asian Games. Kalau untuk besarannya kita tidak bisa sebutkan karana Ketua KONI Sultra belum juga menyebutkan berapa nilainya," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra, Jaya Bakti, Senin.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan rasa kepedulian pemerintah daerah kepada atlet Sultra yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia terutama daerah masing-masing.

"Pemberian Reward ini agar kedepan anak-anak kita bisa terpicu untuk menjadi atlet yang profesional bahwa menjadi atlet itu tidak menghalangkan masa depan tapi menjadi atlet itu akan menjamin masa depannya," katanya.

Menurut dia, pemberian Reward untuk atlet dari pemerintah pusat kepada atlet yang mendapatkan medali emas yang tunggal sebesar Rp1,5 miliar.

"Jadi daerah tidak hanya saja untuk berpangku tangan melihat itu tentu kita akan memberikan Suport atau memberikan Reward juga kepada atlet Sultra yang telah mengharumkan nama bangsa sebagai pemicu anak mudah kita kedepannya," ujarnya.

Disebutkan, untuk atlet Sultra yang telah memperkuan Indonesai di ajang Asian Games sebanyak 11 orang terbagi lima Cabang Olahraga yaitu Dayang, Bulutangkis, sepak Takraw, Softball dan sepak bola, namun hanya tiga cabang olahraga yang telah meraih medali yakni Dayung raih medali emas dan perak, sepak Takraw medali emas dan bulutangkis raih medali perunggu.

"Ini sangat luar biasa dan membanggakan nama baik daerah. Jadi pemberian Reward itu bukan untuk membayar atlet tetapi bagaimana upaya pemerintah agar pejuang-pejuang olahraga kita kedepannya bisa lebih berprestasi," kata dia.

Jaya mengaku, akan semakin menggali potensi olahraga unggulan di Sultra seperti dayung, Silat, takraw dan lainya agar lebih berprestasi nantinya.
 


(T.KR-SPR/B/A020/C/A020) 03-09-2018 20:26:11

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024