Kendari (Antaranews Sultra) - Sebanayak empat santri dari pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya di Kabupaten Konawe, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat beasiswa untuk mengenyam pendidikan gratis di Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir.

Direktur Pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya , Syahruddin Umar di Kendari, Senin mengungkapkan, empat santri yang lolos melanjutkan pendidikan tersebut, adalah santri yang memiliki banyak prestasi, di antaranya menguasai bahass Arab dan bahasa Inggris.

"Para santri ini, sebelumnya telah mengikuti magang di pesantren induk Al ikhlas Ujung yang berada di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, untuk memperdalam ilmu selama 6 tahun di tempat tersebut, " ujar Syahruddin.

Ia menambahkan, terpilihnya para santri itu untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo merupakan sebuah kebanggaan bagi pembina dan pengasuh pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya Konawe, dan bisa memotifasi para santri lainya.

"Pembina dan pengasuh pondok pesantren berharap, agar setelah mengikuti pendidikan, mereka dapat kembali ke pondok pesantren Al ikhlas Lambuya untuk mengabdi menjadi tenaga pengajar," pinta Syahruddin Umar.

Empat santri dan santriwati yang menlanjutkan pendidikan itu adalah Ramdhanil, Muamar, Aesa dan Rostina.

Pondok pesantren Al-Ikhlas Lambuya di Kabupaten Konawe memiliki beberapa misi pendidikan, di antaranya pembinaan akhlakul karimah, kemampuan berbahasa Arab dan Inggris serta program menghafal Al Quran.

(T.A056/B/M007/C/M007) 27-08-2018 09:04:32

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024