Wakuru, Muna (Antaranews Sultra) - Masyarakat Kecamatan Wakuru Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan kurban sebanyak 38 ekor sapi dan dua ekor kambing.

Hewan kurban oleh masyarakat di wilayah itu disampaikan Pengurus Hari hari Besar Islam (PHBI) setempat sesaat menjelang pelaksanaan sholat Idul Adha 10 Zulhijah 1439 Hijriah yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Tongkuno, Kecamatan Wakuru, Rabu.

Rangkaian pelaksanaan shalat Idul Adha yang dilaksanakan di tanah lapang itu dengan Imam Al-ustadz Kamaluddin dan khotib Ustadz Hafidz Darmawan yang membahas keutamaan saling berbagi, mendoakan sesama umat muslim dan muslimah serta tanggung jawab sebagai orang tua (ayah) terhadap anak, istri dan keluarganya.

Diriwayatkan dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban).

Sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah.

Dengan.demikian kata Ustadz Darmawan, sepanjang kaum muslimim mempunyai kesempatan dan kelonggaran, maka berkurbanlah lalu daging hewan itu diberikan pada orang yang tidakmampu.

Usai khotib melaksanakann tugasnya, lalu ratusan para jemaah menyerbu memberi salam dan berjabak tangan saling maaf memaafkan dengan tertib kemudian kembali kerumah masing-masing untuk melakukan proses penyembelihan hewan sesuai dengan kemampuan dan keukhlasan.

(T.A056/B/L005/C/L005) 22-08-2018 10:11:17

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024