Kolaka (Antaranews Sultra) - Pemerintah Desa Tedaumera, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menaruh respon yang sangat menggembirakan, terutama bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan V Tahun 2018 Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Tadaumera, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolut, Ahmad Yani pada seminar Program Kerja Mahasiswa KKN USN Angkatan V  balai desa setempat, Senin.
 
Seminar program kerja mahasiswa KKN itu, juga dihadiri oleh unsur aparat desa, seperti Babinkamtibmas Desa Tadaumera, Brigadir Aminuddin, BPD, Karang Taruna, para Kepala Urusan (Kaur) pemerintahan desa, para kepala dusun (Kadus), pemuka masyarakat, dan tokoh agama serta para mahasiswa KKN.

Dalam arahannya, Kades Tadaumera menyampaikan penghargaan atau apresiasinya atas kedatangan mahasiswa KKN USN Kolaka di wilayahnya itu.

"Kami sangat berterima kasih atas kedatangan adik-adik mahasiswa di desa ini. Tentunya, dengan adanya mahasiswa KKN dari USN Kolaka akan sangat banyak membantu dalam kemajuan dan peningkatan pembangunan di daerah ini. Saya atas nama pemerintah desa sangat merespon dan mendukung terhadap upaya-upaya yang akan dilakukan mahasiswa selama berada di desa ini, bahkan in sha Allah kami selalu mendukung kegiatan mahsiswa dengan jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik," ujar Ahmad Yani.

Desa ini, dari aspek sumber daya manusia (SDM)-nya, harus diakui masih sangat terbatas. Olehnya itu, dengan keberadaan mahasiswa KKN setidaknya akan sangat membantu memecahkan sedikit demi sedikit persoalan yang dihadapi. Sebagai contoh, bahwa paket program kerja, baik fisik maupun nonfisik akan memberikan warna perubahan di desa kami nantinya, tandas Kades Tadaumera, Ahmad Yani.

Sedangkan, Babinkamtibmas Desa Tadaumera, Aminuddin berharap dengan hadirnya Mahasiswa KKN USN ini, juga turut membantu dan mempermudah aparat desa Tadaumera.

"Adik-adik mahasiswa adalah kaum terpelajar yang punya banyak ide, gagasan, dan buah pemikiran akan menjadi contoh atau panutan anak-anak dan masyarakat di daerah ini," ujarnya.
       
Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang tokoh masyarakat Desa Tadaumera, Askari bahwa warga masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya mahasiswa KKN ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya mahasiswa yang ber-KKN disini, dapat membantu apalagi ada banyak program kerjanya yang sangat berguna bagi masyarakat," tukasnya.

Koordinator Desa Tadaumera, Muh.Farijal mengatakan bahwa beberapa item program kerja yang telah disusun dan sudah dimusyawarahkan dengan aparat dan warga masyarakat, bertujuan untuk mengembangkan desa serta meminimalisir angka masyarakat yang minim akan SDM.
      
"Paket kegiatan mahasiswa KKN, kami rumuskan sesuai kebutuhan desa, baik fisik maupun non-fisik, sehingga nantinya output kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa selama kurang lebih 40 hari di lapangan akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Desa Tadaumera, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolut," jelasnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN USN Posko Desa Tadaumera, Takwa, S.Pd., M. Hum secara terpisah mengatakan, dengan kehadiran mahasiswa di lokasi pengabdiannya itu, akan banyak memperoleh ilmu lapangan terutama bagaimana mereka berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.

"Mereka (anak-anakku) mahasiswa, akan menimba pengalaman dan punya wawasan tentang kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya dikarenakan mereka menjadi bagian atau pelaku dalam layanan pemerintahan, pembangunan, dan kegiatan sosial masyarakat," tutupnya.


 

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024