Kolaka (Antaranews Sultra) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kolaka, Rabu menggelar rapat dengar pendapat bersama instansi terkait laporan keterangan pertanggungan jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2017.

Dari tiga komisi yang ada di dewan itu saat melakukan RDP ada beberapa catatan yang di berikan kepada masing-masing dinas yang harus segera diselesaikan.

Anggota Komisi II DPRD Kolaka, Anis Pamma dalam pertemuan itu mengatakan peningkatan capaian pendapatan asli daerah hingga kini masih jauh dari harapan sehingga dinas terkait harus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan sektor PAD.

"Kita berharap dinas pendapatan daerah mencari jalan keluar sehingga apa yang kita harapkan dalam pencapaian PAD bisa terlaksana," katanya.

Selain itu kata Anis kebersihan lingkungan khususnya di wilayah Kecamatan Latambaga dan Kecamatan Kolaka perlu menjadi perhatian serius karena menyangkut kesehatan masyarakat.

Menurutnya masalah sanitasi dan kebersihan lingkungan di dua kecamatan itu harus dioptimalkan mengingat saat ini wilayah Kolaka sudah memasuki musim hujan sehingga harus diwaspadai penyebaran penyakit di tengah masyarakat.

Menanggapi hal itu pelaksana kepala dinas kebersihan dan lingkungan hidup, Mustajab dalam pertemuan itu mengatakan saat ini sebagian kewenangan itu telah di ambil alih oleh instansi lain sehingga dinas kebersihan yang fokus pada satu hal.

"Sebagian kewenangan yang ada selama ini di dinas kebersihan sudah di ambil alih oleh dinas lain sehingga kita hanya fokus pada kebersihan dan persampahan," katanya.

Meskipun demikian kata Mustajab berharap adanya kerja sama lintas sektor untuk menyelesaikan persoalan ini sehingga permasalahan mengenai sanitasi dan kebersihan lingkungan masyarakat dapat teratasi.


(T.KR-DWS/C/Y008/C/Y008) 08-08-2018 22:02:07

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024