Buranga  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara menjadikan pertanian organik sebagai program unggulan dalam sektor pertanian di daerah itu.

"Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa setiap kabupaten harus punya program unggulan daerah sehingga tahun 2017 kami memutuskan untuk mencanangkan Buton Utara sebagai kabupaten organik," kata Bupati Buton Utara Abu Hasan di hadapan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang melakukan kunjungan kerja ke Desa Dampala Jaya, Buton Utara, Kamis.

 Ia mengaku hasil dari terobosan yang dilakukan pemkab dalam mengembangkan pertanian organik belum terlalu kuat sebagaimana keinginan semua pihak karena memang baru awal atau baru langkah permulaan.

"Dan saya berharap ada langkah-langkah berikutnya. Ada kerja-kerja besar masa yang akan datang, yang harus kami lakukan di Kabupakten Buton Utara, terkait dengan pengembangan pertanian organik ini," katanya.

Ia mengatakan pertanian dalam arti luas merupakan primadona di Buton Utara yang menjadi salah satu sandaran utama pendapatan masyarakat.

"Bukan hanya padi organik yang dikembangkan masyarakat, tetapi juga komoditas jagung dan kedelai," katanya.

Selain itu, kata dia, di sektor perkebunan, seperti cengkih, kelapa, lada, dan kakao, serta jamu mete.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024