Manado (Antaranews Sultra) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Jambore Keluarga Indonesia (JKI) untuk memeriahkan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV dengan tema "Hari Keluarga Hari Kita Semua" dan Slogan "Cinta Keluarga, Cinta Terencana" di Manado, Sulawesi Utara.

Plt Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo, di Manado, Jumat, mengatakan pelaksanaan JKI dalam rangka Hari Keluarga Nasional di Provinsi Sulawesi Utara adalah yang pertama kali.

"Kegiatan JKI juga dapat dijadikan wahana untuk meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga sekaligus berinteraksi langsung dalam suasana riang gembira," katanya.

Melalui kegiatan itu kata Sigit, diharapkan keakraban keluarga seperti ini tidak hanya terjadi pada saat Jambore saja, akan tetapi bisa diciptakan di dalam rumah masing-masing keluarga disela-sela kesibukan, luangkan waktu untuk keluarga bisa berkumpul, berinteraksi, berdaya dan berbagi.

"Siapa lagi yang mau peduli terhadap anak-anak atau keluarga kita kalau bukan dari kita sendiri sebagai orangtuanya," katanya.

Keluarga kata Sigit, harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini dan kemajuan tehmologi bisa menjadi ancaman.

Plt kepala BKKBN Perwakilan Sultra, Mustakim, mengapresiasi terobosan pusat yang mulai melaksanakan kegiatan JKI pada harganas tahun ini di Manado.

"Karena keluarga merupakan lingkungan primer dan fundamental, tempat terbentuknya kepribadian yang mewarnai kehidupan manusia," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024