Baubau  (Antaranews Sultra) - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Wa Ode Maasra Manarfa dan Ikhsan Ismail (Mama Ikhlas), akan memaksimalkan potensi yang dimiliki daerah itu bila dipercaya pada pilkada 2018.

"Baubau adalah rumah kita bersama. Tuhan memberikan daerah kita yang luar biasa yang seharusnya kita bisa memaksimalkan," ujar calon Wakil Wali Kota Baubau, Ikhsan, di Baubau, Jumat.

Dikatakan, objek wisata seperti benteng keraton dan sejumlah destinasi lainnya mempunyai keunggulan potensi yang sangat luar biasa yang bisa meningkatkan pendapatan daerah dalam membangun kebutuhan masyarakat.

Termasuk, kata dia, pelabuhan Murhum dan bandar udara Betoambari yang merupakan pintu masuk bagi pengunjung domestik dan manca negara yang ingin melancong ke Baubau.

"Kita punya APBD sebesar Rp800 miliar lebih. Kita sudah keliling blusukan ke kelurahan hingga ke tingkat RT bahkan terdapat 1.400 lorong yang kami masuki banyak permasalahan yang sangat luar biasa," katanya.

Ia mengatakan, target besar pihaknya mensejahterakan masyarakat dengan salah satu? mengucurkan dana sebesar Rp1 miliar hingga Rp1,2 miliar setiap kelurahan adalah program yang dipastikan akan diwujudkan, karena dengan besaran APBD?hanya menghabiskan sekitar Rp51 miliar setiap tahunnya.

Dikatakannya, program bantuan tersebut diperuntukan untuk pembangunan fisik sebesar 70 persen dan bantuan modal sebesar 30 persen tanpa bunga dan agunan sebagai wujud menyelesaikan permasalahan yang ada di kelurahan.

"Insya Allah kalau Mama Ikhlas terpilih kita akan maksimalkan semua itu. Termasuk pendidikan gratis mulai tingkat SD dan SMP," ujarnya, seraya menyebutkan akan membuat Baubau dalam genggaman dengan instrumen-instrumen Mama Ikhlas.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat mewujudkan Baubau kota beradab dengan memilih kepala daerah yang tidak saja visioner, tetapi harus mempunyai integritas, kredibilitas serta tegas dan santun.

Pilkada Baubau diikuti lima pasangan calon yakni, Roslina Rahim-La Ode Yasin nomor urut 1 diusung Partai Hanura dan PKB, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse urut 2 diusung PAN, Nasdem, Golkar dan PDIP.

Selain itu, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail nomor urut 3 diusung PBB dan Gerindra, Yusran Fahim-Ahmad Arfa urut 4 diusung Partai Demokrat, PPP dan PKS, dan Ibrahim Marsela-Ilyas urut 5 melalui jalur perseorangan atau independen.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024