Kendari (Antara) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Perhubungan akan menyiapkan 13 bus sebagai alternatif membantu mengangkut penumpang rute Bandara-pelabuhan ketika terjadi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

"13 unit kendaraan Bus Trans Lulo yang akan memfasilitasi masyarakat jika terjadi lonjakan penumpang saat mudik nanti," kata Kepala Dishub Kendari, Ali Aksa, di Kendari, Senin.

Ia mengatakan, sarana transportasi massal tersebut akan melayani rute menuju Bandara Haluoleo, Pelabuhan Nusantara, maupun Pelabuhan Kapal Fery Wawonii.

"Jangan sampai ada warga yang ketinggalan angkutan selanjutnya karena keterbatasan armada pengangkut, karena itu kami siapkan 13 armada bus," katanya.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut katanya, masyarakat diminta langsung menghubungi UPTD Trans Lulo atau Dishub Kota Kendari yang berada di Terminal Baruga.

"Khusus di dalam Kota Kendari, kita akan melakukan pelayanan city tour," katanya.

Ia mengaku, pada waktu-waktu tertentu di dalam kota terjadi kemacetan terutama pada ruas jalan tertentu, seperti Depan Pasar Wuawua, By Pas jembatan Triping, Depan SMA 4 Kendari, Depan Lippo dan Depan Mall Mandonga.

"Pada jalur macet tersebut, kemungkinan kita akan buat pengalihan arus atau melakukan rekayasa lalu lintas dengan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024