Kendari  (Antaranews Sultra) - Bupati Konawe Utara, Ruksamin, menegaskan pihaknya tetap fokus mengembangkan sektor pertanian, khususnya tanaman palawija dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional.

"Selain padi, tanaman palawija yang menjadi fokus utama kami adalah tanaman jagung yang sudha menjadi sebuah gerakan di masyarakat," kata Ruksamin, di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Selasa.

Ia mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan bisa menggarap lahan tanam jagung seluas 10.000 hetare dan yang sudah digarap sekitar 139 hektare selama 2018.

"Kami ingin menjadi contoh di Sultra dalam pengembangan tanaman jagung," katanya.

Dikatakan, pada tahun lalu pihaknya telah menanam jagung seluas 10.000 hektare diseluruh kecamatan yang ada di daerah itu.

"Komoditas jagung merupakan sektor andalan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat. Kami mendorong warga untuk menanam jagung dan menjadikan sebuah gerakan masif agar bisa meningkatkan kesekahteraan warga," katanya.

Pemerintah konawe utara kata dia, akan senantiasa membantu warga yang membuka lahan baru yakni penyediaan bibit jagung khusus untuk pakan ternak.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024