Kendari (Antaranews Sultra) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusda Mahmud-Sjafei Kahar mengumpulkan tim pakar untuk menghadapi debat publik Pilkada 2018 di Kendari, Kamis (5/4).

"Kami kumpulkan para tim pakar, semuanya untuk memberikan berbagai masukan kepada bapak (Red: Rusda-Sjafei) dalam menghadapi debat nanti," ujar Wakil Ketua Tim Pemenangan, Jaffray Bittikaka, di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar yang diusung Partai Demokrat, PKB, dan PPP berikut Partai Perindo sebagai partai pendukung ini dipastikan akan hadir secara lengkap dalam debat perdana Pilkada Sultra 2018 yang dihelat KPU Sultra di Kendari.

"Kami juga sudah melakukan diskusi tentang materi debat dengan sejumlah akademisi yang memiliki kompetensi terhadap materi debat sebagai bahan baku dalam menghadapi debat," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga sudah mengajak semua kelompok untuk berdiskusi mempersiapkan dukungan untuk pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar.

"Semua kelompok kita ajak berdiskusi guna mempersiapkan pasangan Rusda-Sjafei dalam menghadapi debat perdana ini, apalagi ini siaran langsung dan tentunya semua masyarakat pasti akan menonton," ujarnya.

Ia menambahkan, tim pakar akan melakukan simulasi dengan materi-materi debat yang sesungguhnya.

"Kami berharap debat yang berlangsung nanti dilakukan secara beradab dan masuk akal dengan menggali hal-hal yang positif dari para calon untuk kepentingan pembangunan Sultra ke depan," katanya.

Pilkada Gubernur Sultra diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut satu Ali Mazi-Lukman Abunawas diusung Partai Demokrat (tiga kursi) dan Partai Golkar (tujuh kursi), total 10 kursi di DPRD Sultra.

Nomor urut dua pasangan Asrun-Hugua diusung PAN (sembilan kursi), PDIP (lima kursi), PKS (lima kursi), Hanura (tiga kursi), dan Gerindra (empat kursi), total 26 kursi di DPRD Sultra.

Baca juga: KPU Sultra siap gelar debat publik cagub

Nomor urut tiga pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar diusung Demokrat (enam kursi), PPP (dua kursi) dan PKB (satu kursi), total sembilan kursi di DPRD Sultra.


(T.KR-SPR/B/H015/H015) 04-04-2018 18:34:11

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024