Andoolo (Antaranews Sultra) - Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara sekitar 92 persen, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe Selatan Sahlul di Andoolo, Minggu.

Ia mengatakan secara umum pemungutan suara pada 125 desa berjalan lancar dan kondusif.

"Pilkades serentak 125 desa sebagai sejarah pertama di Konawe Selatan, bahkan Sultra, berjalan baik atas kerja keras semua pihak. Koordinasi dan sinergi antara panitia, termasuk kepolisian serta TNI terjalin baik," kata Sahlul.

Ia berharap pilkades serentak 125 desa yang tersebar pada 25 kecamatan itu melahirkan pemimpin pemerintahan desa dan sosial kemasyarakatan yang berkualitas.

Informasi yang dihimpun panitia pemilihan sedang merampungkan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilihan.

"Belum terdata secara akurat persentase kemenangan calon petahana maupun wajah baru karena data dari panitia pemilihan sedang berproses," katanya.

Ia mengimbau calon atau kubu yang memperoleh suara terbanyak tidak menunjukkan kegembiraan berlebihan, sebaliknya pihak yang kalah legowo menerima hasil pemilihan.

Baca juga: Media diharapkan berperan ciptakan pilkada damai Sultra

"Sesungguhnya 410 kandidat calon kades yang berkompetisi pada 125 desa dari total 336 desa se-Konawe Selatan adalah figur terbaik sehingga harus berjiwa besar dan saling mendukung pascapemilihan," ujarnya.

Pemerintah daerah berharap pilkades melahirkan pemimpin desa yang mampu mengoptimalkan pengelolaan dana desa yang besarannya Rp700 juta hingga Rp1 miliar.



 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024