Tirawuta  (Antaranews Sultrs) - Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Teguh Setyabudi mengatakan pembangunan Bendungan Ladongi akan memberi kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Saat Bendungan Ladongi ini mulai dioperasikan, tentunya memberikan manfaat multiguna bagi masyarakat yang akan mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Teguh saat meninjau pembangunan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Kamis.

Ia mengatakan, Bendungan Ladongi nantinya akan mendorong peningkatan produksi pertanian sehingga akan memperkuat posisi Kolaka Timur sebagai salah satu lumbung pangan di Sultra.

"Bedungan yang diperkirakan selesai 2019 itu akan mengairi sawah sekitar 1.390 hektare," kata Teguh didampingi Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Selain menjadi penyokong utama saluran irigasi pertanian rakyat dan sumber pengolahan air bersih, bendungan tersebut juga diupayakan menjadi sumber energi PLTA.

Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah mengatakan kehadiran pembangunan Bendungan Ladongi di Kolaka Timur itu adalah harapan masyarakat.

Baca juga: Bupati: Bendungan Ladongi Beri Manfaat Masyarakat Koltim

"Tidak saja mendukung produksi pangan, tetapi juga sebagai penyedia air baku, pengendali banjir, serta jadi objek wisata menarik," katanya.



 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024