Kendari (Antaranews Sultra) - Atlet pelajar cabang olahraga dayung binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara lolos Popnas tanpa melalui babak kualifikasi.

Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Sultra As`ari di Kendari, Senin, mengatakan Kemenpora dan pengurus besar cabang olahraga dayung menilai atlet dayung pelajar Sultra memiliki prestasi luar biasa.

"Kebijakan atlet dayung pelajar Sultra tanpa melalui babak kualifikasi menuju Popnas sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Selain Sultra juga ada beberapa atlet daerah lain, yakni Jabar, Kalteng, Jatim dan Papua," kata As`ari.

Meskipun atlet dayung pelajar Sultra lolos Popnas tanpa kualifikasi, para pelatih dan atlet tidak boleh santai karena persaingan antaratlet pelajar, khususnya cabang olahraga dayung makin ketat.

Pelatih dayung pelajar Sultra Ratna mengatakan atlet membutuhkan pertandingan uji coba sebagai bahan evaluasi perkembangan latihan yang dilaksanakan secara kontinyu.

"Atlet-atlet pelajar Sultra cukup disegani atlet daerah lain tetapi tidak bisa takabur karena dari waktu ke waktu terjadi perkembangan kemampuan para atlet," kata Ratna.

Ia memprediksi akan mendapat perlawanan dalam memperebutkan medali emas Popnas Papua 2019 dari atlet-atlet Jabar, Jatim, Papua, Kalteng dan Riau.

Baca juga: Popnas, Sepak Takraw Putri Sultra Rebut Medali Perak




 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024