Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengajak para pedagang memanfaatkan lembaga Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kredit Mikro untuk dapatkan pinjaman modal.

Plh Sekda Kota Kendari Indra Muhammad di Kendari, Rabu, mengatakan Pemkot Kendari telah membentuk lembaga keuangan mikro atau Badan Layanan Umum Daerah untuk mendukung permodalan sisi usaha mikro atau pedagang bakulan di kota itu.

"Tidak perlu pakai agunan dan proposal, kami akan beri bantuan modal asalkan memiliki KTP Kendari dan usaha kecil yang jelas," katanya.

Dikatakannya, setiap pedagang bisa mendapatkan bantuan maksimal kredit mikro sebesar Rp10 juta tanpa bunga saat pengembalian.

"Pedagang hanya akan dibebani biaya administrasi saat melakukan peminjaman. Kalau bunga pinjaman nol persen," katanya.

Menurut dia, dalam memberikan pinjaman modal melalui kredit mikro tersebut pihaknya memprioritaskan kaum ibu-ibu yang menggeluti pedagang bakulan, penjual kue dan lain-lain.

"Perempuan lebih bertanggung jawab dalam mengelola keuangannya, berapa pun yang didapat pasti akan sampaikan di rumah sehingga mereka pasti bisa melakukan pengembalian secara teratur," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024