Baubau (Antaranews Sultra) - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Baubau, Sulawesi Tenggara, H Ibrahim Marsela dan Ilyas (IBM-Ilyas) optimistis lolos pada pencalonan pilkada melalui jalur perseorangan.

"Kami optimistis 100 persen IBM-Ilyas lolos dalam pencalonan. Apalagi KTP yang diambil dari tangan ke tangan orangnya," ujar tim Penghubung Paslon IBM-Ilyas, Muhammad Lutfi usai menyerahkan perbaikan dukungan KTP ke Komisi Pemilihan Umum Baubau, Sabtu.

Dia mengatakan, syarat dukungan perbaikan yang diserahkan ke KPU sebanyak 8.300 KTP yang dikumpulkan dari 41 kelurahan di delapan kecamatan sebagai untuk melengkapi kekurangan yang disebut sebanyak 7.000-an dan diverifikasi oleh KPU.

"Hari ini kami menyetor 8.300 dukungan untuk melengkapi kekurangan. Dan kami juga telah menyiapkan tim untuk mendampingi dalam verifikasi," katanya.

Menurut dia, syarat pencalonan yang dimasukan ada perbaikan sehingga kekurangan syarat calon pada BB1-KWK seperti kalau wali kota harus digaris wakilnya dan wakil wali kota harus digaris wali kotanya.

"Kemudian, ada LHKPN, bukti SPT lima tahun dan foto kopi ijazah SMA calon wakil walikota,Ilyas, tapi semua sudah dilengkapi dan dinyatakan lengkap oleh tim pemeriksa," katanya.

Terkait adanya putusan Panwaslu Baubau bahwa ada enam kelurahan yang akan diverifikasi ulang, pihaknya belum menerima putusan tersebut meskipun sudah mengetahuinya.

"Kita sudah dengar dan baca dari media, tetapi sampai hari ini kami belum terima putusan dari Panwaslu. Ini hanya syarat dukungan diluar dari putusan," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024