Kendari (Antaranews Sultra) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Syahruddin Nurdin, mengatakan pengembangan daerah wisata di suatu daerah tergantung komitmen kepala daerah setempat.

"Kalau kepala daerah tersebut mempunyai komitmen yang kuat untuk pengembangan daerah wisata maka perkembangannya bisa semakin maju," kata Syahruddin, di Kendari, Sabtu.

Dikatakan, tempat-tempat wisata yang bagus juga perlu juga di promosikan, sehingga lebih dikenal dan banyak wisatawan yang akan mengunjunginya.

"Karena kemajuan suatu daerah harus di barengi kemajuan wisatanya," ujarnya.

Ia berharap kepala daerah kabupaten kota di Sultra harus mempunyai komitmen yang kuat dalam kemajuan daerah wisata itu, dan dibarengi juga peran serta masyarakat untuk menjaga kelestarian tempat wisata tersebut, jangan di cewari dan di rusaki.

"Peran masyarakat sangat efektif untuk memajukan daerah wisata di daerah tersebut," katanya.

Ia mengatakan, tujuan wisatawan untuk berkunjung di daerah wisata itu, adalah untuk mengetahui budaya daerah itu, alamnya dan buatan manusianya.

"Untuk itu perlu didorong wisatawan untuk berkunjung ke berbagai daerah di Sultra yang mempunyai budaya dan alam yang menarik," katanya.

Disebutkan, Sultra memiliki beberapa objek wisata yang memiliki nilai jual tinggi selain Wakatobi adalah Pulau Labengki, Pulau Bokori, Air Terjun Moramo, Air Terjun Tumburano, Sungai Tamborasi, Rawa Aopa.

"Kemudian Air Panas Tetewatu, Pulau Indo, Pulau Sagori, Pantai Kelelawar Putura, Keraton Buton, Pantai Nirwana, Pantai Nambo, Pantai Taipa dan beberapa objek wisata lainnya," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024