Kendari (Antaranews Sultra) - Investor negeri Ginseng Korea Selatan yang tergabung dalam Korean Association of Pothonic Industry Development (KAPID), tertarik untuk berinvestasi di bidang energi terbarukan di Kota Kendari, Sulawesi Teneggara (Sultra).

Terkait keinginan itu, rombongan KAPID bertemu langsung jajaran Pemerintah Kota Kendari di Ruang Pola, diterima oleh Wakil Wali Kota, Sulkarnain dan didampingi Sekda, Alasmyah Lotunani, Rabu (17/1).

"Kedatangan investor Korea Selatan ini untuk berinvestasi di bidang energi terbarukan solar cell. Mereka memilih Kota Kendari karena daerah ini dianggap memiliki panas matahari yang cukup sepanjang tahun," kata Sulkarnain usai menerima rombongan investor tersebut.

Dikatakan, dalam pertemuan itu pihak investor menjelaskan tentang potensi dan kompetensi yang mereka miliki, sehingga ini baru menjadi informasi bagi Pemkot Kota Kendari.

Selain itu kata dia, investor tersebut juga menawarkan beberapa program dan produk mereka dalam bidang pengembangan energi terbarukan lainnya.

"Sebagai pemerintah tentunya kami berterimakasih dan senang dengan informasi serta keinginan investor itu. Kita kaji lebih lanjut dan melihat sejauh mana nanti asas manfaat yang bisa kita dapatkan dari investasi itu," katanya.

Menurut Sulkarnain, pihak investor mengundang juga Pemkot Kendari untuk berkunjung di negaranya melihat langsung perusahaan mereka dan ivestasi mereka bidang energi terbarukan yang sudah berjalan.

"Karena ini baru penjajakan kerja sama, tentunya harus banyak kajian sehingga haslnya kedepan bisa mendukung program Kendari smart city," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024