Kolaka (Antaranews Sultra) - Program jaksa masuk sekolah yang telah berjalan sejak 2015, Rabu, mengunjungi sekolah swasta?Madrasah Tsanawiah Khudrinnur di Desa Wowoli Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, Sultra.

Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka, Jefferdian mengatakan program yang digelar pihaknya untuk menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum serta pelajar.

"Para pelajar seharusnya sudah mendapatkan ilmu hukum sejak dini," katanya di hadapan pimpinan yayasan serta guru dan siswa sekolah itu.

Dalam program ini kata dia pihaknya memperkenalkan produk hukum seperti undang-undang dan mengenal lebih dekat dengan lembaga kejaksaan serta tugas pokok lembaga hukum.

Di hadapan guru dan siswa, Jefferdian menjelaskan fungsi penegakan hukum yakni preventif atau mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum kepada masyarakat secara luas.

"Produk hukum memang harus?sejak dini diketahui oleh generasi muda dan siswa sekolah," ungkapnya.

Selain itu lanjut dia jaksa masuk sekolah merupakan program nasional kejaksaan yang dicanangkan di seluruh Indonesia dan harus diterapkan secara insentif.

Sementara Kepala MTs Khudrinuur, Samrin mengapresiasi adanya program jaksa masuk sekolah dengan memberikan pemahaman hukum sejak dini akan membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum.

"Kami memberikan apresiasi kepada pihak Kejaksaan Kolaka dengan program ini karena membentuk karakter siswa-siswi," katanya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024