Kolaka (Antaranews Sultra) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka, Sultra, akan membangun tanggul penahan air di sepanjang Sungai Oneha untuk mencegah datangnya banjir susulan.

"Saya sudah perintahkan Dinas PU untuk membangun tanggul penahan air," kata Bupati Kolaka,Ahmad Safei usai meninjau lokasi banjir di Desa Oneha Kecamatan Tanggetada, Rabu.

Selain membuat tanggul penahan air, kata Safei, Dinas PU juga akan melakukan pengerukan dan mengangkut material sungai agar tidak terjadi pendangkalan air.

Menurutnya memasuki tahun 2018 curah hujan sangat tinggi beberapa hari terakhir ini sehingga tumpukan material pasir menyebabkan pendangkalan sungai tak mampu membendung luapan air sungai.

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya tanggul penahan air serta penggalian Sungai Oneha masyarakat sudah tidak terkena banjir lagi," ungkap mantan Sekda Kolaka itu.

Seperti diketahui, banjir yang melanda Desa Oneha, Kecamatan Tanggetada,mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024