Kendari (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara menerima konfirmasi rencana pendaftaran pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur periode 2018-2023.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah di Kendari, Senin, mengatakan jajaran penyelenggara sudah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pendaftaran pasangan calon.

"Jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sebagai pihak yang diberi tanggungjawab oleh negara untuk memfasilitasi pesta demokrasi pilkada gubernur maupun pemilihan bupati/walikota siap menjalankan tugas dan peran sesuai ketentuan yang ada," kata Hidayatullah.

Pilkada serentak 27 Juni 2018 di Sultra untuk memilih gubernur/wakil gubernur Sultra, bupati/wakil bupati Kabupaten Kolaka, bupati/wakil bupati Kabupaten Konawe dan Pilkada Kota Baubau.

Hidayatullah menambahkan pasangan calon gubernur/wakil gubernur Sultra yang sudah menjadwalkan pendaftaran hari pertama adalah pasangan Asrun/Hugua.

Sedangkan pasangan calon gubernur Ali Mazi/Lukman Abunawas sesuai konfirmasi dari tim sukses pada 10 Januari 2018.

"KPU mengimbau tim sukses pasangan calon, pimpinan partai politik pengusung dan simpatisan agar bersama-sama menjaga kelancaran dan ketertiban proses pendaftaran," katanya.

Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi mengatakan KPU selaku penyelenggara sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian sehubungan proses pendaftaran pasangan calon gubernur/wakil gubernur Sultra yang dimulai hari ini (8/1) hingga Rabu (10/1).

"Kepolisian berharap pimpinan partai dan tim sukses pasangan calon memberi contoh berpolitik yang cerdas dan bermartabat," kata Kapolres Jemi.


(T.S032/B/Y008/Y008) 08-01-2018 07:32:09

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024