Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan capaian peserta KB baru di daerah itu pada 2017 melampaui target.

Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan KB Kendari, Hasria, di Kendari, Kamis, target peserta KB baru di Kendari 2017 sebanyak 5.257 akseptor, tetapi hingga data November 2017 sudah mencapai 9.386 akseptor.

"Prosentase capaian peserta KB baru di Kendari tahun 2017 mencapai 178,5 persen," kata Hasria.

Ia mengatakan, kontrasepsi jenis suntik merupakan yang paling banyak peminatnya yakni mencapai 4.309 orang, menyusul kontrasepsi jenis pil mencapai 3.275 orang.

"Kemudian yang menggunakan implant sebanyak 1.118 orang, menggunakan IUD sebanyak 543 orang, merode tubektomi 117 orang, kondom 18 orang dan KB pria enam orang," katanya.

Hasria mengapresiasi kinerja semua tim di lapangan terutama para kader dan penyuluh KB yang bekerja hingga ke pemukiman pesisir melakukan penyuluhan.

"Dan tentunya juga semua pihak yang terkait di luar dinas kami yang banyak mensuport program ini kami ucapkan terima kasih," katanya.

Hasria juga menyebutkan, semua kecamatan d Kendari sudah memiliki kampung KB sehingga itu juga mendorong percepatan realisasi peserta KB baru.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024