Kendari (Antara Sultra) - Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau seluruh masyarakat setempat untuk waspada terhadap difteri yang tengah mewabah.

Kepala Dinkes Sultra, Asrum Tombili, di Kendari, Rabu, mengatakan imbauan tersebut karena terkait penetapan Kementerian Kesehatan bahwa Sultra daerah rawan difteri.

"Penetapan itu didukung karena telah ditemukan kasus penyakit difteri di Sultra sejak 2016 hingga 2016. Bahkan pada tahun 2016 terdapat satu korban meninggal karena difteri," kata Asrum.

Dijelaskan, penyakit difteri perupakan penyakit gangguan saluran pernapasan dan tenggorokan.

Salah satu yang menjadi penyebab pengakit tersebut katanya, karena tidak pernah imunisasi atau tidak tuntas imunisasinya.

"Biasanya pasien yang terkena difteri ini ada riwayat tidak diimunisasi atau melakukan imunisasi tapi tidak lengkap," katanya

Ia juga meminta masyarakat mematuhi instruksi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, untuk melakukan imunisasi kepada anak-anaknya.

"Untuk wabah difteri saya minta masyarakat waspada, konsultasikan apabila menemukan gejala ke puskesmas terdekat," ujarnya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024