Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini fokus untuk mendukung percepatan kegiatan optimalisasi sumber daya perikanan dalam mewujudkan tata kegidupan masyarakat nelayan di daerah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, Agus Salim Safarullah, di Kendari, Rabu, selain ibu kota provinsi Kendari juga memiliki potensi pengembangan usaha perikanan karena memiliki perairan laut yang berhadapan langsung dan relatif dekat dengan laut Banda dan Arafura.

"Kendari juga menjadi salah satu wilayah menyangga kebutuhan pangan di Sultra, sehingga perlu menjaga keswasembadaan pangan khususnya komoditi hadil perikanan," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah kendari melakukan berbagai upaya, seperti pada aspek kebijakan, pelaksanaan teknis di lapangan.

"Upaya stabilisasi ketahanan pangan dari aspek peningkatan SDM, kelembagaan, sarana prasarana dan pemanfaatan budidaya perikanan," katanya.

Pemerintah Kendari juga kata Agus, berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor perikanan di daerah ini sebagai sektor andalan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Program-program pemberdayaan masyarakat untuk menunjang peningkatan produksi juga ditempuh melalui upaya ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi bagi kegiatan penangkapan usaha budi daya maupun usaha pengolahan hasil perikanan," katanya.

Diharapkan kata Agus, upaya itu dapat mempengaruhi peningkatan ekspor, perdagangan antarpulau dan peningkatan konsumsi ikan pada akhirnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani nelayan dan masyarakat pada umumnya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024