Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, telah memperluas lahan persawahan melalui pencetakan sawah baru seluas 400 hektare pada tahun 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Selatan Sjarif Sajang, di Kendari, Senin, mengatakan pencetakan sawah baru tersebut sudah tuntas sesuai dengan kontrak kerja.

"Anggaran percetakan sawah baru itu bersumber dari APBN 2017 dan diawasi langsung oleh pihak TNI," kata Sjarif.

Dikatakan, pencetakan sawah baru tersebut bertempat di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sabulokoa, Kecamatan Andoolo, dan Kecamatan Palangga.

"Lalu, Kecamatan Sabiloka 200 hektare, Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Palangga masing-masing 100 hektare," katanya pula.

Menurut dia, meskipun kuota pencetakan sawah baru dari pusat hanya 400 hektare, tetapi ada warga yang melakukan pemcetakan dengan swadaya atau anggaran pribadi.

"Konawe Selatan ini merupakan lumbung pangan padi terbesar di Sultra, sehingga yang kami lakukan saat ini bukan hanya perluasan sawah tetapi peningkatan produktivitas padi," ujarnya.

Upaya peningkatan produktivitas padi, kata Sjarif, pemerintah telah memberikan sejumlah bantuan sarana atau alat produksi pertanian kepada warga untuk mendorong produksi pertanian di daerah itu.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024