Kendari, Antara Sultra - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengaku stok blanko KTP elektronik yang dimiliki saat ini menipis.

"Kami hanya memiliki stok blanko e-KTP sekitar 2.000 lembar. Stok itu merupakan kuota yang diberikan pusat hingga Desember mendatang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Kendari, Halili, di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah stok blanko e-KTP tersebut tidak sebanding dengan banyaknya warga yang mengurus dan telah melakukan perekaman data untuk secepatnya dicetakan KTP fisiknya.

"Selama ini karena kami tidak memiliki blanko, maka yang pernah melakukan perekaman diberikan surat keterangan perekaman," katanya.

Menurut dia, yang akan diprioritaskan pencetakan fisik e-KTPnya adalah mereka yang sudah melakukan perekaman sejak 2015 lalu dan perekaman 2016.

"Sementara warga yang melakukan perekaman 2017 kami berikan surat keterangan saja," katanya.

Sementara warga yang sudah pernah memiliki fisik e-KTP tetapi hilang maka tetap dilakukan penggantian dengan mengikuti prosedur yang ada, salah satunya adalah harus ada keterangan hilang dari kepolisian.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024