Kendari, Antara Sultra - Klub Indonesia Off-road eXpedition (IOX) siap beraksi ala Camel Throphy menjelajahi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan pada 7-21 Oktober 2017.

Event Director IOX Celebes 2017, Firzalk Muzaffar di Kendari, Jumat, mengatakan sebanyak 87 kendaraan offroad super ekstrem dan 61 motor dirt bike yang dinyatakan berhasil lolos memenuhi regulasi standard IOX dengan total 371 personel menjadi peserta dalam ejspedisi ini.

"Pada awal registrasi, terdata 100 mobil, namun hasil akhir yang diperoleh pihak official beberapa peserta dinyatakan harus mundur karena dinyatakan tidak memenuhi regulasi yang ditetapkan," katanya.

Dijelaskan, IOX 2017 Celebes merupakan event tahunan, kelanjutan event IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi Palembang, IOX 2013 Sabang?Medan, IOX 2014 Lahat Monas, IOX 2015 Jakarta?Surabaya, dan IOX 2016 Jogja-Bali.

Dalam IOX 2017 Celebes tersebut kata dia, para peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya untuk menembus rute-rute ekstrim di dua provinsi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah.

"IOX 2017 Celebes direncanakan start dari Kendari tanggal 7 Oktober 2017 dan finish di kota Makasar pada 21 Oktober 2017, melalui Danau Matano dan Toraja," katanya.

Firzal menjelaskan, dalam kesempatan itu IOX akan menyelenggarakan 4 (empat) event sekaligus, yaitu event utama offroad untuk Kendaraan 4x4 dan Motor serta event wisata (overland) kendaraan 4x4 dan motor.

"IOX Overland merupakan event terbaru IOX untuk menyalurkan minat offroader yang lebih menyukai tema wisata. Jumlah peserta overland untuk kendaraan 4x4 dan motor tidak banyak karena memang dibatasi mengingat masih bersifat pilot project," katanya.

Karena itu kata dia, tidak heran bila dalam Oktober masyarakat di Sulawesi akan sering bertemu di jalan dengan kendaraan 4x4 atau motor dengan warna oranye yang menjadi ciri khas IOX.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024