Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan menjadi sentra produksi tanaman kedelai di daerah itu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra Muhammad Nasir di Kendari, Kamis mengatakan, Konawe Selatan sangat potensial untuk pengembangan tamanan bernilai ekonomis tinggi tersebut.

"Kami mengapresiasi semangat pemerintah setempat untuk menjadikan kedelai sebagai salah satu kompditas unggulan yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Ia mengatakan, salah satu bentuk dukungan pemerintah Provinsi adalah memberikan bantuan benih unggul kepada petani setempat untuk menanami lahannya.

"Bukan hanya benih yang kita bantu, tetapi juga pestisida seingga masyarakat bisa konsen untuk meningkatkan produksi," katanya.

Terkait pemasaran kata Nasir, tidak jadi masalah karena pemerintah siap menyerap seluruh hasil produksi petani dalam mendukung swasembada kedelai.

"Pemerintah memiliki perusahaan umum yang bertugas menyerap hasil pertanian warga yakni Perum Bulog, karena itu kami senantiasa bersinergi dengan Bulog agar siap membeli hasil produksi petani," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024