Kolaka, Antara Sultra - Kepala Seksi Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kolaka, Saifuddin Mustaming, mengimbau, penyuluh agama Islam untuk meningkatkan kualitas kinerjanya.

Saifuddin Mustaming di Kolaka, Senin, mengatakan, peningkatan kinerja berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mengenai pelaporan kinerja.

"Penyuluh agama merupakan garda terdepan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat," katanya saat melaksanakan rapat kordinasi dan sosialisasi pengisian form pelaporan dan e-kinerja lingkup kementerian Agama.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, kata dia setiap penyuluh harus mengedepankan azas pembinaan dan bimbingan yang menyejukkan, serta tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat serta melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya secara profesional.

"Karena itu, setiap penyuluh diwajibkan meningkatkan kualitasnya terkait pemahaman serta implementasi tugas dan fungsinya," kata Syaifuddin.

Mengenai laporan pelaksanaan tugas lanjut dia, harus menjadi perhatian khusus bagi segenap penyuluh selain dalam bentuk tertulis, penyuluh juga dituntut untuk melakukan pelaporan berbasis online melalui e-kinerja.

Untuk itu, jelas Syaifuddin, Kementrian Agama telah menyiapkan dan menyelenggarakan sistem aplikasi untuk memasukkan informasi dan data pelaporannya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024