Kendari, Antara Sultra - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Saleh Lasata, mengatakan perayaan Idul Adha merupakan momentum membangkitkan semangat berkurban.

"Idul Adha juga menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial. Artinya, kita harus peduli kepada orang yang kurang mampu, salah satunya lewat berkurban," kata Saleh Lasata sesaat sebelum shalat Idul Adha 1438 H di kawasan Tugu Religi Alun alun Kendari, Jumat.

Menurut dia, perayaan Idul Adha juga bukan hanya dimaknai dengan menunaikan ibadah sholat Id, semata, tapi lebih dari itu, Idul Adha adalah momen untuk meneladani kekompakkan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya.

"Baik suami, istri, dan anaknya yang baik dan tawakal dalam menjalankan perintah Allah SWT dan melawan godaan setan," kata Saleh Lasata.

Bertindak sebagai imam pada shalat idul adha itu adalah Ketua MUI Sultra KH Mursyidin, kemudian bertindak sebagai khatib Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Lukman Abunawas.

Lukman membawakan khotbah dengan judul "Memaknai Idul Adha Sebagai Momentum Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT".

Lukman mengharapkan warga Sultra dapat memberikan doa dan semangat kepada 2.000 jamaah haji asal Sultra yang saat ini tengah menjalani ibadah di Tanah Suci.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024