Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadikan bidang perikanan sebagai sektor unggulan di daerah itu.

Bupati Muna Barat, LM Rajiun, di Kendari, Selasa, mengatakan letak geografis Muna Barat yang didukung oleh gugusan Kepulaunn Tiworo memiliki potensi besar untuk kawasan pengembangan perikanan tangkap.

"Sektor perikanan ini merupakan salah satu sektor andalan di Muna Barat yang bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Sehingga pengelolaannya harus dimaksimalkan," kata Rajiun.

Dikatakannya, langkah yang dilakukan pemerintah saat ini adalah memberikan pembinaan kepada nelayan agar hasil tangkapan bisa diolah sehingga bisa memberikan nilai tambah.

Selama ini kata Rajiun, nelayan menjual hasil tangkapan dengan murah ketika hasil meningkat, kondisi itu tidak menguntungkan bagi para nelayan itu sendiri.

"Kami membina nelayan tangkap agar bisa mengolah sebagian hasil laut sehingga bernilai tambah, jangan dijual murah saat hasil tangkapan melimpah," katanya.

Saat tangkapan melimpah katanya, maka sebagian hasilnya bisa diolah menjadi ikan kering atau ikan asin, ikan asap dan berbagai hasil olahan lainnya yang bernilai ekonomis tinggi.

"Dengan demikian, sektor ini akan menjadi pendorong ekonomi daerah dan meningkatan kesejahteraan nelayan yang ada di Muna Barat," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024