Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, terus melakukan persiapan sarana dan prasarana untuk menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sultra, Maret 2018.

Kabag Protokoler Kerja Sama dan Hubungan Publik, Kabupaten Buton Utara, Sadikin melalui pesan Whatsapp di Kendari, Senin mengatakan, sesuai dengan hasil kunjungan Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata belum lama ini terkait kesiapan sarana dan prasarana yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan bernuansa Islami tersebut, telah mencapai 45 persen.

Ia menyebutkan, ada lima lokasi yang disiapkan untuk pelaksanaan MTQ tersebut, yakni Islmaic Center yang saat ini masih tahap pembangunan termasuk dengan Masjid Raya, sementara tiga lokasi lainnya yaitu gelanggang olahraga (GOR) yang akan dijadikan tempat utama kegiatan, masjid At-Taufiq, dan lapangan Raja Jin, tinggal dilakukan sedikit pembenahan.

"Sesuai dengan laporan Pak Bupati Buton Utara Abu Hasan, kelima lokasi itu ditargetkan semuanya dapat rampung pada Desember 2017," ungkap Sadikin.

Lebih lanjut Sadikin menambahkan, selain menyiapkan sarana dan prasarana penyelenggaraan lomba, panitia yang sudah dibentuk, saat ini juga tengah merampungkan pendataan rumah-rumah warga di Kecamatan Kulisusu, yang akan ditempati para khafilah dari 16 kabupaten/kota di Sultra selama pelaksanaan MTQ.

"Jadi pantia saat sementara juga mendata rumah-rumah warga yang akan ditempati para khafilah nanti, termasuk pembagian SKPD yang akan mendampingi para khafilah selama mengikuti lomba," terangnya.

Ia berharap, semua masyarakat Buton Utara yang dilibatkan turut berpartipasi aktif dalam persiapan kegiatan tersebut, agar pelakasanaan MTQ tingkat provinsi di Butur 2018 mendatang, bisa tepat waktu, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

MTQ tingkat provinsi tiga tahunan sekali itu sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Bombana dan Kolaka. Dan MTQ berikutnya direncanakan di Kabupaten Konawe Utara.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024