Kendari, Antara Sultra - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman, mengajak warga di Kabupaten Konawe Kepulauan, untuk memanfaatkan lahan tidur dengan menanami tanaman kelapa.

"Di Konawe Kepulauan ini masih banyak lahan tidur, mari manfaatkan untuk tanaman kelapa dan tanaman pala," kata Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Konawe Kepulauan, Rabu.

Ia mengatakan, Pulau Wawonii atau Konawe Kepulauan adalah daerah yang sangat cocok untuk pengembangan tanaman rempah-rempah seperti pala dan kelapa.

"Tetapi potensi itu akan sia-sia kalau lahan warga masih dibiarkan menjadi lahan tidur tanpa ada upaya untuk menggarapnya," kata Amran..

Untuk itu, Amran mengajak warga untuk memanfaatkan lahannya dengan tanaman khas Konawe Kepulauan agar bisa memberikan kesejahteraan bagi warga. 
 
Untuk pengembangan tanaman kelapa, kata Amran, Kementerian Pertanian akan membantu peremajaan tanaman kelapa seluas 3.000 hektare.

"Tanaman kelapa di Konawe Kepulauan ini sudah berumur sehingga produksinya menurun. Untuk itu, kami akan memberi bantuan peremajaan seluas 3.000 hektare," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024