Kendari (Antara Sultra) - Sebanyak 62.805 orang tenaga kerja di Kabupaten Muna, terserap pada sektor usaha mikro kecil menegah.

Sekretaris Daerah Muna Nurdin Pamone, di Kendari, Senin, mengaku sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Muna adalah sektor andalan dalam penyerapan tenaga kerja.

"Sektor UMKM ini memang merupakan sektor riil yang paling banyak menyerap tenaga kerja dibanding sektor lainnya," katanya lagi.

Pihaknya melali dinas terkait bekerja sama terus mendorong pertumbuhan UMKM di daerahnya, agar bisa menyerap tenag kerja lebih banyak lagi.

"Karena jika penyerapan tenaga kerja sektor UMKM ini terus meningkat maka akan mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran di daerah," katanya.

Disebutkan, jumlah UMKM di Kabupaten Muna saat ini sebanyak 30.740 unit usaha yang terdiri atas 30.570 unit usaha mikro kecil dan 170 masuk kategori usaha menengah besar.

"Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah selama ini dilakukan pemerintah juga menjadi salah satu pendorong perekonomian daerah," ujarnya pula.

Salah satu upaya yang dilakukan sebagai bagian dari strategi mendorong pertumbuhan perekonomian daerah tersebut, katanya, yakni dengan mendorong pengembangan melalui upaya peningkatan kapasitas UMKM.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024