Kendari, Antara Sultra - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara, bekerja sama untuk mengembangkan program kependudukan keluarga dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di daerah itu.

Kepala BKKBN Sultra, Ali Ismail, di Kendari, Kamis, mengatakan kerja sama itu telah dituangkan dalam bentuk "memorandum of understanding" antara BKKBN dan IAIN Kendari.

"Kerja sama ini dengan cara melibatkan mahasiswa IAIN yang melakukan KKN untuk menginformasikan kegiatan kependudukan," kata Ali Ismail.

Dikatakan, mahasiswa KKN bergaul dengan masyarakat sehingga efektif dalam membantu mengabarkan masalah kependudukan yang terjadi di Sultra.

"Kami harapkan pada peserta KKN untuk semaksimal mensosialisasikan kependudukan," katanya.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim menyampaikan bentuk kerja sama yang sudah disepakati dengan MoU bersama BKKBN tersebut dijabarkan dalam tiga tahap yaitu penguatan SDM, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk pengabdian kepada masyarakat dijabarkan dalam bentuk KKN.

"Tujuan KKN, para peserta yang didampingi masing-masing pembimbing dapat melakukan penelitian dengan kepakaran masing-masing bidang keahlian dikaitkan aspek-aspek kependudukan dan pembangunan keluarga pada lokasi masing-masing," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024