Tampo (Antara Sultra) - Antrian penumpang arus balik di pelabuhan penyebarangan Tampo (Muna) menuju Torobulo (Konawe Selatan), Sulawesi Tenggara, mulai ramai pascalibur lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pantauan di pelabuhan penyeberangan feri Tampo Kabupaten Muna, Selasa, meskipun belum puncaknya arus balik penumpang, namun jumlah kendaraan yang akan balik melalui pelabuhan setempat sudah mulai padat.

"Hingga H+2 pascalebaran, arus penumpang masih tergolong normal, meskipun kendaraan roda empat dan dua sudah mulai ramai," kata Zainuddin, petugas pelabuhan penyebarang Dinas Perhubungan setempat di Tampo.

Menurut Zainudin, arus balik penumpang diperkirakan terjadi pada Jumat (30/6) dan Sabtu dan Minggu (1-2 Juli), karena para pegawai kantoran sudah harus masuk kerja pada Senin (3/7).

"Penumpang yang mulai balik hari ini, umumnya dari kalangan masyarakat yang bekerja di non PNS yang berlibur jauh-jauh hari. Sementara pegawai kantoran dan mahasiswa dan calon mahasiwa masih menunggu hingga selesai hari libur," katanya.

Pihak ASDP sebagai pemilik kapal feri mengoperasikan tiga armada kapal yang melayani penyeberangan Tampo-Torobulu secara nonstop.
Tiga kapal feri tersebut yakni KM Bahtermas-2 yang mampu memuat penumpang lebih dari 450-500 orang dan 30 unit kendaraan roda empat dan 100 roda dua.
Dua feri lainnya, KM Nuku dan KM Rubia bisa memuat 300-350 penumpang, dan kendaraan roda.empat 15 -20 unit ditambah 50 - 75 kendaraan roda dua.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024