Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan kendaraan mobil bus untuk mengangkut warga yang akan menunaikan ibadah salat idul fitri 1438 Hijriyah di Masjid Al Alam Teluk Kendari.

Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra), Hasby Saing, mengatakan pihaknya siapkan sekitar lima bus untuk angkut warga ke Masjid Al Alam Teluk Kendari yang mampu menampung jamaah salat idul fitri 1438 Hijriyah mencapai 6.000 orang.

"Diperkirakan 6000 an jamaah akan hadir dalam pelaksanaan Salat Id di Masjid Al-Alam, sesuai kapasitas masjid tersebut," kata Hasby di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, jamaah yang akan datang salat id tersebut tidak hanya dari kalangan aparat sipil negara lingkup pemprov Sultra, tetapi juga warga umum di Kota Kendari.

"Saya ingin sampaikan bahwa bukan hanya ASN lingkup pemprov yang akan menjadi bagian pelaksanaan idul fitri pertama di masjid yang berada di tengah tengah teluk Kendari tersebut, warga umum juga diharapkan datang," katanya.

Khusus ASN kata Hasby, dikoordinir masing-masing dinas sehingga diharapkan masjid tersebut bisa penuh pada pelaksanaan salat idul fitri.

Masjid Al Alam Teluk Kendari merupakan mega proyek Pemprov Sultra yang dikerjakan secara multiyears.

"Meskipun belum tuntas 100 persen, maka Gubernur Sultra, Nur Alam sudah memerintahkan agar tahun ini sudah dilaksanakan salat idul fitri di tempat itu," katanya.

Masjid Al Alam Teluk Kendari kata Hasby, menjadi icon wisata religius Sultra bahkan kedepan akan menjadi icon wisata religius Indonesia.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024