Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar pasar murah Ramadhan di 11 kecamatan sebagai upaya meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok selama bulan puasa 2017.

Pasar murah Ramadhan tersebut dimulai di Kecamatan Mandonga yang dibuka Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mapasomba, di Pelataran Kantor Lurah Korumba, Kecamatan Mandonga, Senin.

Musadar mengatakan, pelaksanaan pasar murah tersebut diharapkan dapat mengendalikan inflasi akibat fluktuasi harga atau kenaikan harga sembako di pasaran atau pedagang.

"Sudah menjadi kebiasaan saat puasa atau menjelang Lebaran maka tingkat permitaan kebutuhan masyarak akan sembako meningkat sehingga memicu kenaikan harga barang," katanya.

Menurut Musadar, situasi itu memicu naiknya inflasi daerah sehingga pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah mengambil beberapa langkah antisipasi termasuk melaksanakan pasar murah.

"Dalam pelaksanaan pasar murah ini, kami melibatkan BUMN seperti Bulog dan Pertamina serta distributor-distributor utama," katanya.

Pasar murah yang akan dilakukan secara bergantian di seluruh kecamatan itu, juga merupakan kerja sama antara TP PKK Kendari dan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kendari.

Hadir dalam pembukaan itu pimpinan Bank Sultra, Ketua TP PKK Kendari, Kepala Dinas Dagkop dan UMKM Kendari, Camat Mandonga, lurah se-Kecamatan Mandonga dan warga setempat.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024