Kendari, Antara Sultra - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara mendukung dan optimitis Papua sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020.

Ketua Umum KONI Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Jumat, mengatakan pemerintah sudah menetapkan Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020 sehingga harus diapresiasi.

"Dua daerah juga menyatakan minat menyelenggarakan PON XX, yakni Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara tetapi apa pun sekarang harus beramai-ramai menyukseskan PON XX di Papua," kata Lukman.

Tim kerja PON Papua terus berbuat konkrit dengan membangun sarana penyelenggaraan PON sehingga daerah-daerah merekomendasikan daerah paling timur Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga nusantara empat tahunan tersebut.

Tiga hal penting yang disarankan KONI Sulra menuju sukses PON XX Papua, yakni ketersediaan sarana dan prasarana, harga kebutuhan pokok dan keamanan.

"Saudara-saudara kita dari Papua bertekad menjawab segala keraguan daerah-daerah di Indonesia demi sukses sebagai tuan rumah PON XX," kata Wakil Ketua I KONI Sultra Tasman Taewa.

Secara terpisah Ketua tim konsolidasi PON XX Papua Yusuf Yambe Yabdi mengatakan pemerintah dan seluruh rakyat Papua memandang PON adalah wahana pemersatu bangsa.

"Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Papua dan seluruh daerah kawasan timur Indonesia harus kuat dalam membangun jati diri dan karakter bangsa," kata Yusuf.

Ia menambahkan Papua aman untuk menjadi penyelenggara PON XX/2020, bahkan sudah dibuktikan dengan penyelenggaraan beberapa iven nasional sejumlah cabang olahraga.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024