Kendari, Antara Sultra - Bupati Muna Barat, Sulawesi Tenggara yang baru dilantik, LM Radjiun Tumada, mengatakan akan memprioritaskan penyelesaian masalah kepemilikan aset Pemerintah Muna Barat dan Pemerintah Kabupaten Muna yang saat ini masih menjadi sengketa.

"Masih ada beberapa aset yang seharusnya sudah menjadi milik Pemerintah Kabupaten Muna Barat, namun masih diklaim sebagai aset Pemerintah Kabupaten Muna," kata Bupati Radjiun di Kendari, Rabu.

Menurut dia, beberapa aset daerah di Muna Barat yang masih diklaim sebagai aset Pemerintah Kabupaten Muna antara lain Bandara Sugimanuru dan salah satu pulau kecil di wilayah Muna Barat.

"Sebagai bupati Muna Barat, saya akan mengundang Pemerintah Kabupaten Muna untuk duduk bersama, membicarakan penyelesaian masalah kepemilikan aset kedua pemerintah kabupaten yang sebelumnya menyatu dalam kabupaten Muna ini," katanya.

Dengan begitu kata dia, aset daerah yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Muna Barat dan aset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Muna menjadi lebih jelas dan tidak saling klaim lagi.

"Pemerintah Kabupaten Muna harus ikhlas melepaskan aset-asetnya yang ada di wilayah Kabupaten Muna Barat karena undang-undang yang mengharuskan seperti itu," katanya.

Dalam undang-undang pembentukan kabupaten Muna Barat kata dia, jelas disebutkan bahwa setiap aset pemerintah kabupaten Muna sebagai kabupaten induk yang ada di wilayah Muna Barat, harus dilepaskan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Muba Barat.

Berdasarkan undang-undang tersebut kata dia, maka Pemerintah Kabupaten Muna tidak perlu lagi mengklaim sejumlah aset daerah yang ada di wilayah Muna Barat sebagai milik Pemerintah Kabupaten Muna.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024